Kesehatan

[Konsultasi Kesehatan Anak] Nutrisi Pengganti ASI

Oleh : Thia Destiani / Kamis, 02 Juli 2015 02:02

Pertanyaan

Selamat pagi dokter Wikan,

Sebelumnya perkenalkan, saya Desiyani. Tinggal di daerah Tukangan. Saat ini putri saya berumur 1 tahun lebih. Akhir-akhir ini putri saya sudah tidak mau minum air susu ibu (ASI) lagi. Saya sendiri tidak tahu sebabnya, tiba-tiba saja berhenti. Saya sendiri tidak pernah makan yang "aneh-aneh , hanya buah, sayur dan nasi saja. Sedangkan minuman cuma teh dan air putih. Tidak ada kopi apalagi soda.

Menurut dokter, kenapa ya bayi tidak mau lagi minum asi? Kalaupun memang nantinya saat diusahakan hasilnya sama, makanan atau minuman apa yang bisa digunakan sebagai pengganti asi?

Salam hangat.

Desiyani, tinggal di Tukangan 

Jawaban

Halo Ibu Desiyani di Tukangan,

Selamat pagi dan terima kasih atas kiriman e-mailnya.
Anak usia lebih dari 1 tahun, memang sudah memerlukan asupan nutrisi yang berbeda dengan bayi, saat dia belum berulang tahun. Untuk anak seusia puteri Ibu Desiyani, sebenarnya masih memerlukan ASI (Air Susu Ibu) sampai paling tidak 2 tahun. Namun demikian, pada rentang usia tersebut, ASI bukan lagi menu utama. Meskipun puteri Ibu Desiyani sudah menunjukkan tanda penolakan terhadap ASI, namun hal ini cukup sering hanya terjadi pada beberapa hari atau minggu. Silakan ibu mencobanya lagi secara berulang, meskipun mungkin tidak mudah.

Pada anak seusia puteri Ibu Desiyani, menu utama adalah menu yang serupa dengan kakak (kalau ada), ibu, bapak dan anggota keluarga lainnya. Tidak perlu lagi membuatkan atau memasakkan menu khusus, karena dia sudah anak dan bukan lagi bayi. Untuk itu, kesempatan makan bersama dengan segenap keluarga sudah mulai harus ditanamkan, agar menimbulkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Selain itu, kecukupan nutrisi jadi sudah dapat dilakukan, karena kesamaan menu tersebut.

Berikan puteri ibu Desiyani dan anak-anak sebayanya, menu rumahan seperti menu anggota keluarga lainnya. Menu tersebut bukan lagi disebut pengganti ASI, tetapi memang itulah menu puteri ibu Desiyani yang utama. Dengan demikian, tidak ada lagi istilah makanan atau minuman pengganti ASI, karena pada rentang usia tersebut ASI memang bukan lagi menu utama. Semoga saja [enjelasan singkat ini, dapat memotivasi ibu Desiyani, untuk menyiapkan menu bagi semua anggota keluarga, termasuk untuk puterinya yang sudah tidak bayi lagi. Terima kasih.

Salam sehat,
DR. DFr. Fx. Wikan Indrarto, SpA
(dokter spesialis anak)

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini